Tuesday, January 31, 2012

Sosok Joko Widodo

Saya lebih kagum dengan kepemimpinan pemimpin lokal Walikota Solo dibanding Bupati pati, walaupun saya sendiri orang pati. Sebagian besar orang Solo asli, mereka cinta berat sama walikotanya, tak lain dan tak bukan adalah Joko Widodo (Jokowi). Bukti Jokowi sosok yang dicintai, adalah hasil rekapitulasi perolehan suara dalam Pilkada Solo 2010 lalu. Pasangan Jokowi-FX Hadi Rudyatmo (Jo-Dy) ini menang. Kemenangan yang diraih pun bukan sembarangan. Jo-Dy yang diusung PDIP dan didukung Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) unggul telak atas Eddy S Wirabhumi-Supradi Kertamenawi (Wi-Di) yang diusung Partai Demokrat dan Partai Golkar. Berdasarkan perhitungan perolehan suara saat itu, Jokowi-Rudy meraih 248.243 suara atau 90,09%, sedangkan Wi-Di 27.306 suara atau 9,91%. Sebagai catatan khusus, dari 931 TPS yang ada, Jo-Dy hanya kalah di satu TPS.
Sementara Partisipasi pemilih Solo dalam Pilkada tahun lalu mencapai 71,80%, tercatat sebagai partisipasi politik tertinggi di Jawa Tengah dan mungkin bahkan di Indonesia. Tentu itu tak lepas dari kecintaan rakyat terhadap Jokowi-Rudy. Rakyat menunjukkan rasa cintanya dengan berbondong-bondong menuju TPS dan menggunakan hak pilih.
Memang, sebagai calon incumbent Jo-Dy banyak mendapat keuntungan. Namun terlepas dari itu, sebenarnya kekuatan Jokowilah yang sangat menonjol. Secara kasat mata, orang bisa melihat kemajuan Kota Solo sejak diperintah walikota yang visioner ini. Pembangunan fisik yang mengembalikan ciri budaya kota ini, juga berbagai program kreatif yang tak ada di tempat lain1. Maka prestasi demi prestasi atas nama Pemkot Solo maupun atas nama sang walikota sendiri, membuat nama Jokowi kian harum.

MEMANUSIAKAN MANUSIA
Bahwa dia tak pernah ambil gaji, bukan rahasia lagi. Satu lagi catatan yang tak bisa disepelekan. Ketika di banyak tempat lain penertiban pedagang kaki lima (PKL) diwarnai perlawanan, kekerasan hingga jatuh korban manusia, penertiban PKL di Kota Bengawan berlangsung damai, aman tanpa kericuhan. Ini terjadi setelah Jokowi melakukan dialog sebanyak 54 kali dengan para PKL. Pemindahan PKL ke pasar baru bahkan menjadi objek wisata karena dikemas dengan karnaval budaya yang menarik. Ini menunjukkan Jokowi memimpin jajaran pemerintahan yang nguwongke wong2.
Selama pemerintahan, Jokowi juga berhasil menjaga kondusivitas kota yang telah lama mendapat predikat kota sumbu pendek ini. Kondusivitas Solo membuat iklim investasi meningkat. Kota ini banyak dilirik investor, dibuktikan dengan dibangunnya sejumlah hotel dan tempat perbelanjaan baru. Pemkot yang dinakhodai Jokowi membuka ruang–ruang bisnis baru bagi kalangan-kalangan menengah3. Produk-produk kerajinan rumahan digelar para pengrajin di night market Ngarsopuro, dan produk kuliner unggulan dikumpulkan di Gladak Langenbogan (Galabo), dengan konsep pariwisata yang tak melupakan ciri khas budaya masyarakat Solo.4
TERBUKA
Kepada pers, Jokowi dan jajarannya bersikap terbuka. Dia sangat mudah dihubungi. Sehingga program-program Pemkot tersosialisasi dengan baik. Tak ada cerita Walikota sembunyi dari pers. Semua bentuk pemberitaan sebagai kontrol sosial serta sorotan miring pun dihadapi dengan gentle.
Jokowi juga tampil rendah hati. Seperti tampak saat mobil dinasnya mogok di tengah banjir, dia sendiri ikut mendorong mobil dari belakang. Hal-hal kecil seperti ini kerap terjadi dan menjadi buah bibir dan mengangkat citranya sebagai sosok yang tidak jaim. Sebagai walikota dia juga tidak menjaga jarak dengan rakyat.
WALIKOTA FESBUKER
Jokowi biasa berdiskusi atau menjawab masukan-masukan dari rakyat jelata secara langsung maupun tidak langsung. Di sela-sela kesibukan di dunia nyata, di dunia maya Jokowi juga mengomunikasikan ide dan program-programnya kepada kawan-kawan mayanya. Di tengah malam sering menyempatkan diri online, hanya untuk meng-upload beberapa gambar desain tugu batas kota di dinding Facebook-nya, dan kemudian berdiskusi dengan rakyat tentang kelebihan dan kelemahan desain yang ditawarkan. Hal itu mengingatkan pendekatan gaya Presiden AS Barack Obama.5            
Singkat kata, secara umum Jokowi menjadi figur walikota yang dicintai rakyat berbagai kalangan dan lintas golongan. Kekuatan figur membuat Jokowi memiliki elektabilitas tinggi secara pribadi. Dia akan tetap kuat walau dicalonkan oleh partai manapun, dan berpasangan dengan siapapun. Ini mirip fenomena Pilpres saat Susilo Bambang Yudhoyono kembali mencalonkan diri. Sampai-sampai ada anekdot, apapun partainya, SBY presidennya. Dalam Pilkada Solo, itu juga terjadi. Apapun partainya, Jokowi walikotanya.
Tak ayal, banyak kalangan menyatakan dukungan, jauh-jauh hari sebelum Jokowi menyatakan akan maju lagi dalam Pilkada. Hampir bersamaan ketika media memuat berita soal keberatan keluarga bila dirinya nyalon lagi, berbagai komunitas secara bergantian menggeruduk Balaikota, meminta Jokowi maju kembali memimpin Solo.
Jokowi pun sempat jadi rebutan. Banyak partai ingin meminang, tak terkecuali Demokrat yang akhirnya menjadi lawan dalam Pilkada.
DUKUNGAN WAKIL WALIKOTA
Ketika Jokowi akhirnya kembali berpasangan dengan FX Hadi Rudyatmo dan diusung PDIP, keduanya pun menjadi satu kesatuan yang lebih kuat lagi. Jokowi dan Rudy bersenyawa satu sama lain. Chemistry pasangan ini sangat kuat karena sudah lima tahun berdampingan secara harmonis, hampir tanpa masalah–setidaknya di permukaan dan terlihat oleh rakyat Solo.
Satu lagi yang paling penting. Bila Jokowi kuat secara figur maka Rudy kuat secara basis massa. Oleh karena dia adalah penguasa kandang banteng moncong putih, partai terbesar di kota ini, yang memiliki basis massa besar dan fanatik.Tak cuma sekali terjadi, ketika massa beringas dan minta bertemu dengan pemimpinnya untuk berdialog, Rudy-lah yang menenangkan, merangkul dengan rangkulan seorang kawan.
1.      Peranan Yang Interpersonal = Leader
2.      Peranan Yang Interpersonal = Liaison dan
Peranana Pengambil Keputusan = Disturbance Handler
3.      Peranan Pengambil Keputusan = Negotiator dan Enterpreneur
4.      Peranan Pengambil Keputusan = Resource Allocator
5.      Peranan Yang Interpersonal = Leader dan Liaison
Peranan Yang Informasional = Disseminator

No comments:

Post a Comment